Target 25% UMKM Mengakses Pembiayaan Formal

Berita dan Informasi

Kabupaten Bandung Bentuk 543 Koperasi Wanita

14 Juni 2017 09:23:58
|
AdityaWahyudi S.Kom

Bisnis.com, SOREANG - Kabupaten Bandung ditunjukan sebagai daerah pelaksana program Koperasi Wanita (Perwira) pertama di Indonesia. Sedikitnya 543 koperasi langsung terbentuk dan masuk dalam rekor MURI.

 

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, agar koperasi ini memiliki bidang usaha yang konkrit dan terus berkembang, pihaknya mengusulkan agar Kementrian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI memperbolehkan penjualan gas bersubsidi oleh koperasi.

 

"Saya mengusulkan dalam penjualan gas bersubsidi agar melibatkan koperasi. Sasarannya tentu saja untuk kesejahteraan rakyat," katanya, kepada wartawan, di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Kamis (8/8/2017).

 

Menurutnya, kehadiran Kemenkop dan UKM dalam mendukung pertumbuhan koperasi di Kabupaten Bandung saat ini, harus betul-betul terimplementasi di lapangan. Apabila hal ini terlaksana penjualan gas bersubsidi oleh Koperasi seperti Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), harganya tidak akan semahal saat dijual oleh pengusaha besar.

 

"Jika terealisasi penjualan gas bersubsidi oleh koperasi, saya yakin kesejahteraan akan meningkat. Harga gas 3 kilo yang aslinya 16.500, bisa maksimal dijual Rp.20.000,"ucap Bupati.

 

Sementara Sekretaris Kemenkop UKM RI Agus Muharram mengaku akan berkoordinasi terlebih dahulu terkait penjualan gas bersubsidi, dengan pihak Pertamina. Dia menyambut baik harapan Bupati, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi kerakyatan.

 

"Kami akan koordinasikan dulu dengan Pertamina dan pihak terkait lainnya. Namun pada dasarkan kami apresiasi tujuan Bupati tadi, bahwa itu bertujuan mensejahterakan perekonomian rakyat," tutur Agus.

 

Agus Muharram mengatakan, pencanangan 543 koperasi wanita yang masuk dalam Rekor Musieum Indonesia (MURI) tersebut, diharapkan bisa dibangun juga di daerah lain di Indonesia.

 

"Pencanagan ini saya harapkan bisa berhasil membangun sistem perekonomian rakyat, yang nantinya harus bisa menyokong perekonomian keluarga, masyarakat desa hingga cakupan yang lebih luas di seluruh Indonesia," imbuhnya.

 

Source : http://bandung.bisnis.com/read/20170608/5/571374/kabupaten-bandung-bentuk-543-koperasi-wanita