Target 25% UMKM Mengakses Pembiayaan Formal

Berita dan Informasi

Bupati Bandung Minta Penjualan Gas Bersubsidi Bisa Dikelola Koperasi Desa

14 Juni 2017 09:22:49
|
AdityaWahyudi S.Kom

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yudha Maulana

TRIBUNJABAR.CO.ID, SOREANG - Bupati Bandung, Dadang M Naser, meminta kepada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) RI untuk memperbolehkan penjualan gas bersubsidi oleh koperasi.

Permintaan itu dikatakan Dadang seusai peluncuran 543 koperasi wanita se-Kabupaten Bandung di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang, Kamis (8/6/2017).

Bupati mengatakan jika penjualan gas bersubsidi bisa terlaksana oleh koperasi, misalnya oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), harganya tidak akan semahal saat dijual oleh pengusaha besar.

"Jika terealisasi penjualan gas bersubsidi oleh koperasi, saya yakin kesejahteraan akan meningkat. Harga gas 3 kilo yang aslinya 16.500, bisa maksimal dijual Rp.20.000," ucap Dadang.

Dikatakan Dadang, harapan tersebut harus didukung oleh seluruh pihak, termasuk asosiasi pemerintah desa seluruh Indonesia (Apdesi). Forum Camat di Kabupaten Bandung pun harus mengambil peran dalam pengimplemetasian distribusi gas bersubsidi oleh koperasi.

"APDESI sudah sangat mendukung dengan terbentuknya 543 koperasi wanita, khususnya membina Pemdes agar bisa membangun sistem perekonomian tingkat desa yang mumpuni," kata Dadang.

Pencanangan 543 koperasi wanita di Indonesia ini merupakan yang pertama kali di Indonesia yang dilakukan oleh Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) dibawah Kemenkop UKM. (*)

Source : http://jabar.tribunnews.com/2017/06/08/bupati-bandung-minta-penjualan-gas-bersubsidi-bisa-dikelola-koperasi-desa